ads
Presiden Jokowi Mulai Berkantor di IKN Hingga Akhir Masa Jabatan

Presiden Jokowi Mulai Berkantor di IKN Hingga Akhir Masa Jabatan

Smallest Font
Largest Font

Beritadata -  Presiden Joko Widodo (Jokowi) berangkat ke Kalimantan Timur pada Kamis (12/9), terbang dari Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma Jakarta menggunakan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 sekitar pukul 07.30 WIB. Dalam perjalanan menuju Kalimantan Timur, Presiden didampingi oleh Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, serta Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Yusuf Permana.

Setibanya di Kalimantan Timur, Jokowi akan langsung menuju Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara dengan helikopter Super Puma milik TNI AU.

"Hari ini, Presiden Jokowi akan kembali berkantor di IKN," ungkap Yusuf Permana, Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, dalam pernyataan tertulisnya pada Kamis (12/9), mengutip dari CNBC Indonesia.

Yusuf juga menjelaskan bahwa Jokowi dijadwalkan untuk bertemu dan memberikan pengarahan kepada pejabat TNI dan Polri tahun 2024, yang akan berlangsung di Ruang Nusantara, Istana Negara IKN.

Menurut Yusuf, ia dan beberapa pejabat lain, seperti Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Sekretaris Kabinet Pramono Anung, dan Komandan Paspampres Mayjen TNI Achiruddin, turut mendampingi Presiden.

Yusuf menambahkan bahwa Jokowi akan menghabiskan sisa masa jabatannya dengan berkantor di IKN. Namun, hal ini tidak berarti Jokowi akan sepenuhnya berada di IKN, karena ia masih akan melakukan kunjungan kerja ke berbagai daerah seperti biasa, sebagaimana yang dilakukan saat berkantor di Istana Negara Jakarta.

Lebih lanjut, Yusuf mengatakan bahwa Jokowi akan melakukan peletakan batu pertama di IKN serta meresmikan sejumlah proyek pembangunan yang telah selesai. Namun, pada hari ini, Jokowi akan fokus pada pertemuan dan pengarahan kepada pejabat TNI dan Polri tahun 2024 di Ruang Nusantara, Istana Negara IKN.

Wapres Menyusul

Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin dijadwalkan menyusul Presiden Joko Widodo untuk berkantor di IKN, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, pada Kamis (12/9) siang.

Wapres bersama rombongan kecil akan terbang dari Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta menuju IKN sekitar pukul 14.00 WIB. Sebelumnya, Juru Bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menyampaikan bahwa Wapres akan mengikuti Sidang Kabinet terakhir mendampingi Presiden Jokowi di IKN. 

“Pak Wapres, nantinya bakal turut hadir dalam sidang kabinet terakhir bersama dengan Pak Presiden yang digelar di IKN,” tuturnya.

Tetap Lakukan Kunjungan Daerah

Presiden Joko Widodo menegaskan bahwa meskipun akan berkantor di IKN, Kalimantan Timur, ia tetap akan melakukan kunjungan ke daerah-daerah.

"Tidak, saya akan tetap berkeliling ke seluruh daerah. Hanya saja mungkin keberangkatan akan dimulai dari IKN," ujar Presiden dalam kunjungan kerjanya di Sumatera Utara, sebagaimana terlihat dalam video yang diunggah di kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Presiden juga menyampaikan bahwa perjalanan kunjungannya ke daerah selama berkantor di IKN bisa dilakukan menggunakan pesawat dari bandara baru IKN, jika fasilitasnya sudah memadai. Jika bandara IKN belum siap, perjalanan bisa dilakukan melalui bandara di Balikpapan. 

"Kita akan lihat kondisi. Kalau bandara baru siap, maka kita akan terbang dari sana. Jika belum, kita akan terbang dari Balikpapan," jelasnya.

Presiden menyatakan bahwa kegiatan di Istana Kepresidenan IKN akan mirip dengan agenda yang biasanya dilakukan di Istana Jakarta. 

"Ada rapat dengan para menteri, menerima tamu, serta melakukan peletakan batu pertama beberapa proyek investor," katanya.

Presiden Joko Widodo dijadwalkan berkantor di IKN selama sekitar 40 hari, mulai dari 11 September hingga 19 Oktober 2024, atau satu hari sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden terpilih.

Tim Editor
Daisy Floren

Apa Reaksi Kamu?

  • Like
    0
    Like
  • Dislike
    0
    Dislike
  • Funny
    0
    Funny
  • Angry
    0
    Angry
  • Sad
    0
    Sad
  • Wow
    0
    Wow
ads

Paling Banyak Dilihat

ads
ads